0821-7772-3494 pojokpintartanjabar@gmail.com Kuala Tungkal - Tanjab Barat

Belajar Peta Pakai Hp

Pandemi Covid-19 masih enggan meninggalkan negara yang kita cinta ini. Pembelajaran harus tetap berlangsung. Inovasi pembelajaran yang bisa dikembangkan salah satunya dengan system digital daring. Pembelajaran dengan istem daring ini mengajak guru untuk berpikir kreatif dan inovatis dalam memanfaatkan teknologi agar kegiatan pembelajaran lebih seru.

Keterampilan abad 21 menjadi tuntutan bagi guru dalam memanfaatkan ICT.

 

Di SDN 169/V Cinta Damai, tepatnya kelas 5 dengan materi peta pada mata pelajaran IPS. Aplikasi Learningnapps yang bisa didownlad di app store maupun play store ini memberi pengalaman peserta didik belajar seseru main game.

Williams(1999) menjabarkan pembelajaran digital meliputi aspek perangkat keras (infrastruktur) brupa seperangkat computer yang saling berhubungan satu sama lain dan memiliki kemampuan untuk mengirimkkan data, berupa teks, pesan, grafis, video maupun audio.

Pembelajaran digital sendiri dapat dimaknai prkatik pembelajaran yang menggunakan teknologi secara efektif untk memperkuat  dan menyediakan akses ke konten yang menantang dan menarik. Belajar kapan saja dan dimana saja menjadi kelebihan tersendiri pembelajaran daring ini. Semua peserta didik dapat mencappai potensinya melalui instruksi yang dilakukan secara individual.

 

Hakikatnya pembelaljaran digital adalah pembelajaran yang melibatkan penggunaan alat teknologi digital secara inovatif selama proses belajar mengajr, dan sering juga disebut sebagai Technologi Enhanced Learning (TEL) atau e-learning. Adapun keuntungannya adalah media yang menarik dan menyenangkan sehingga menimbulkan ketertarikan pembeljaran pada program-program digital.

Ada beberapa prinsip yang digunakan dalam pembelajaran digital. Yakni personalisasi, partisipasi aktif peserta didik, aksesbilitas, dan penilaian. Dalam kekhidupan sehari-hari, setidaknya ada 3 potensi yang pembelajaran digital yang bisa dimanfaatkan. Diantaranya; alat Pendidikan atau pembelajaran, alat komunikasi dan akses informasi.

Kendala yang biasa dihadapi pada pembelajaran digital,  diantaranya; akses internet yang tidak stabil, listrik yang tiba-tiba padam saat melakukan program pembelajaran tertentu, serta dukungan orang tua yang kurang. Sehingga menyebabkakn peserta didik sulit belajar melalui pembelajaran digital. Kompetensi guru tentang pemahaman IPTEK  serta pengetahuan digital peserta didik yang rendah juga menjadi kendala yang sering muncul.

Hal inillah yang melatarbelakangi guru harus melek teknologi.

Terlepas dari kendala yang muncul, peserta didik yang pada umumnya sudah memiliki fasilitas gadget bisa dimanfaatkan oleh guru untuk menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan.

Salah satu aplikasi yang mendukung belajar serasa bermain ya Learningapps.

Beberappa fitur game yang bisa dikembangkan dalam membelajarkan materi peta adalah fitur “where is what”. Pada fitur ini peserta didik diajak untuk menentukan nama daerah sesuai gambar peta yang ditunjukan. Selain peserta didik mencobakan game yang sudah dibuat oleh guru, pesera didik juga dapat membuat sendiri game “where is what”. Keseruan akan semakin menarik Ketika semua peserta saling memainkan game  yang telah dibuat antar peserta didik.

Pembelajaran dari rumah yang dilakukan secara online/daring merupakan salah satu cara ikhtiar kita mengatasi penyebaran Covid-19.

PJJ harus bersaing dengan game online dalam menggaet hati peserta didik. Peserta didik cenderung memilih game online yang bertebaran di appstrore maupun play store. Learning apps merupakan aplikasi pembelajaran seseru main game dengan fitur yang bisa dikembangkan atau disesuaikan dengan materi pelajaran. Maka materi peta pada mata pelajaran IPS menjadi pengalaman belajar tersendiri bagi peserta didik SDN 169/V Cinta Damai.

oleh: Kiswanto

(Ditulis oleh: Fasda Program Pintar Tanoto Foundation)

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi Kami