0821-7772-3494 pojokpintartanjabar@gmail.com Kuala Tungkal - Tanjab Barat

Getaran Siswa SMP di Era Covid-19

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat erat kaitannya dengan alam sekitar. Hakikatnya pembelajaran IPA harus dilaksanakan secara nyata melalui demonstrasi atau praktek percobaan. Namun di tengah susasana pandemic covid 19, pembelajaran tatap muka termasuk hal yang dilarang oleh pemerintah.

Guru dan siswa menjadi galau gegana memikirkan segudang materi yang belum tersampaikan pada pembelajaran tatap muka sebelumnya.

Program PINTAR Tanoto Foundation mengadakan pelatihan online Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bagi saya selaku guru, pelatihan ini sangat membantu karena mampu mengubah pola fikir saya tentang PJJ (Penugasan Jarak Jauh) menjadi PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang sebenarnya.

Saya memberanikan diri menerapkan PJJ dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting di kelas 8 SMP N 2 Kuala Tungkal, Sebelum PJJ via zoom, terlebih dahulu saya menginformasikan melalui WA grup cara menginstall dan menggunakan aplikasi ini serta memberikan link undangan zoom meeting di grup kelas. Saya memilih waktu pelaksanaan sore hari karena sebagian siswa harus berbagi HP android dengan orang tuanya, sehingga mereka bisa menggunakan HP tersebut setelah orang tuanya pulang kerja.

Materi yang dibahas adalah getaran, dengan tujuan pembelajarannya adalah peserta didik diharapkan mampu:

1) mendeskripsikan besaran-besaran dalam getaran serta menentukan hubungan antara frekuensi dan periode,

2) melakukan percobaan sederhana tentang getaran pada bandul dan menyajikan hasil percobaan dengan video.

Pada awal pembelajaran saya sempat ragu dengan partisipasi peserta didik, ternyata respon mereka terhadap PJJ luar biasa. Bahkan siswa yang tadinya cenderung pendiam dan kurang aktif di dunia nyata, malah menjadi aktif dan bersemangat mengikuti tiap tahapan pembelajaran online.

Seperti pembelajaran tatap muka, pada awal pembelajaran saya menyapa peserta didik, memeriksa kehadiran peserta didik,  menjelaskan kontrak belajar jarak jauh dan kegunaan icon icon pada aplikasi zoom, memastikan bahwa peserta didik telah siap menerima materi, menyampaikan judul materi pelajaran dan tujuan pembelajaran, memberikan pertanyaan seputar getaran, diantaranya : Apakah kamu pernah melihat ayunan/pegas pada shock breaker motor?  

Walaupun pembelajaran via online, saya tetap menerapkan unsur pembelajaran MIKiR dalam pelaksanaannya, dengan cara menampilkan slide PPT,  siswa diajak mengeluarkan pendapat (brain storming) tentang pengertian getaran dan contoh-contoh getaran, peserta didik diberi waktu untuk membaca materi getaran selama 3 menit, kemudian diharapkan dapat menjawab urun gagasan yang kedua mengenai apa saja yang termasuk besaran dalam gelombang (literasi), Siswa mengamati slide PPT mengenai cara menghitung jumlah getaran, besaran-besaran dalam getaran, Guru dan siswa berdiskusi tentang hubungan antara periode dan frekuensi, siswa diberikan soal untuk mencari jumlah frekuensi dan periode getaran, siswa menyampaikan secara lisan jawaban dari soal yang diberikan.

Di akhir pembelajaran, saya meminta siswa menyimpulkan hasil PJJ tentang getaran, mengkonfirmasi hasil kesimpulan siswa sesuai dengan teori, Kemudian saya memberikan link you tube di grup WA tentang percobaan sederhana getaran pada bandul.

Sebagai penilaian kinerja siswa diberikan tugas untuk melakukan percobaan getaran bandul sederhana dan membuat video/vlog pelaksanaan percobaan secara mandiri, saya memberikan acuan penilaian untuk tugas kinerja melakukan percobaan. Untuk menyelesaikan tugas ini, saya memberi waktu selama 3 hari.

Untuk merefleksikan pembelajaran, saya memberi pertanyaan yang dijawab siswa secara langsung pada colom chat, yaitu :

  • Apa saja yang sudah kalian pelajari ?
  • Bagian mana yang belum dipahami ?
  • Bagaimana perasaanmu selama mengikuti pembelajaran kali ini ?

Selanjutnya, saya meminta siswa untuk mencari dan membaca materi pembelajaran selanjutnya, yakni tentang gelombang

Sebelum pembelajaran ditutup, banyak siswa yang mengaku merasa senang dengan PJJ via zoom meeting ini, ”Saya sangat senang dengan pembelajaran hari ini Miss, kapan lagi kita zoom?,” ungkap Luciana.

Sungguh hikmah yang luar biasa dari pandemic ini, hasil pembelajaran sangat memuaskan, semua tujuan pembelajaran terlaksana dengan optimal. Peserta didik  mampu melakukan percobaan getaran sederhana dan membuat video mandiri dengan kreatifitas mereka masing-masing, serta memahami makna dari setiap teori yang dipelajari.

Oleh : Nurhafizah, S.Pd

Guru SMPN 2 Kuala Tungkal – Tanjung Jabung Barat / Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi Kami